Widyaiswara: Guru Bangsa dalam Membangun Smart ASN

Abdi Negara Muda, ANM News – “Jabatan Fungsional Widyaiswara” menjadi tema selanjutnya yang diusung dalam webinar Jabatan Fungsional Talk Series (JFT Series) oleh komunitas Abdi Negara Muda (ANM) melalui aplikasi Zoom pada Minggu (28/11).

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wid·ya·is·wa·ra n 1 guru; 2 Adm jabatan fungsional yang diberikan kepada pegawai negeri sipil dengan tugas mendidik, mengajar dan/atau melatih secara penuh pada unit pendidikan dan pelatihan dari instansi pemerintah.

Widyaiswara merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan pendidikan minimal Magister (S2) yang dilantik sebagai pejabat fungsional untuk mendidik, mengajar, melatih (DIKJARTIH) PNS lainnya di Lembaga Diklat Pemerintah.

Acara berdurasi dua setengah jam yang juga ditayangkan langsung melalui akun YouTube Abdi Negara Muda tersebut dipandu oleh Emmanuel Adi S.H dengan menghadirkan tiga narasumber, yaitu Novik Kurohman, S.T., M.Sc selaku Widyaiswara Ahli Muda Bapekom V Yogyakarta BPSDM Kementerian PUPR, Alamsyahril, M.Pd selaku Widyaiswara Ahli Madya BKPSDM Kota Lubuklinggau, dan Dr. Mila Mumpuni, S.E, M.Si selaku Widyaiswara Ahli Madya BDPIM Magelang BPPK Kementerian Keuangan, serta diikuti seratus lebih peserta lintas instansi dan generasi.

“Kita harus tingkatkan skill terus, jangan hanya nyaman berada di comfort zone. Sebagai Widyaiswara (WI) kita harus mengetahui, kita tuh spesialisasinya di mana? Apakah di teknis, manajerial, atau di kepemimpinan,” tutur Novik Kurohman, S.T., M.Sc, selaku narasumber pertama sebelum mengakhiri presentasinya dengan lugas.

Selain memaparkan detail terkait JF Widyaiswara, ketiga narasumber juga turut berkenan berbagi cerita pengalamannya menempuh status sebagai Widyaiswara hingga tips-tips bagi kaum muda yang berminat menjadi Widyaiswara.

Tujuh komunitas mitra yaitu Negarawan, Abdimuda Indonesia, Bright Up Indonesia, ASN Muda Biasa Saja, Reformasi Birokrasi BSSN, Generasi Muda Kementerian PUPR, dan Sharing ASN Kepegawaian turut mendukung dengan memublikasikan poster program JFT Series melalui akun media sosialnya masing-masing. Acara ini juga turut didukung oleh Cakap – aplikasi belajar bahasa asing online dan program ASN Academy dari Pemimpin.id.

Acara ditutup dengan sesi Tanya-Jawab yang menghadirkan tiga penanya terbaik yang dipilih langsung oleh ketiga narasumber dan dua penanya terbaik yang dipilih berdasarkan kebijakan panitia. Kelima pemenang mendapatkan voucher (kupon atau kartu diskon) yang dapat digunakan sebelum melakukan transaksi di aplikasi belajar bahasa asing CAKAP, yang juga dapat diakses melalui aplikasi ponsel. (RY/HUMAS ANM)

Total Page Visits: 606 - Today Page Visits: 1