Komunitas ASN Meriahkan HANI 2021 dengan SKJ 88 : Perang Melawan Narkoba di Masa Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Bebas Narkoba (BERSINAR)

Tangkapan Layar Kegiatan SKJ 88 Bersama Komunitas ASN untuk Memperingati HANI 2021

Abdi Negara Muda, ANM News – Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari ancaman pandemi Covid-19, bahkan beberapa hari terakhir grafik penambahan kasusnya cenderung meningkat signifikan. Pola hidup yang sehat menjadi salah satu upaya paling efektif untuk menangkal berbagai macam penyakit termasuk virus corona. Olahraga adalah salah satu kegiatan positif untuk mewujudkan pola hidup yang sehat tersebut. Abdi Negara Muda, Aparatur Muda, Abdimuda, ASNation dan Komunitas Negarawan berkolaborasi melalui Senam Kesegaran Jasmani Tahun 1988 atau yang lebih populer dikenal sebagai SKJ 88. Sebanyak 18 orang dari 5 komunitas ini terlibat dalam aksi sehat yang layak dijadikan contoh. Video kompilasi SKJ 88 tersebut dirilis bertepatan dengan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), 26 Juni 2021.

SKJ 88 Bersama Komunitas ASN ini menjadi sumbangsih kecil dari para ASN Muda untuk mengajak masyarakat khususnya ASN agar lebih gemar olahraga dan menerapkan pola hidup sehat. “Kami memilih SKJ 88 karena senam ini sangat legendaris, iramanya sangat ceria dan cocok untuk semua golongan usia, durasinya tidak terlalu lama serta gerakannya mudah dipelajari”, ungkap Nurul Hasani yang merupakan founder Komunitas Abdi Negara Muda sekaligus inisiator SKJ 88 Bersama Komunitas ASN ini.

Salman Farishi, yang merupakan PNS di BPPT dan menjadi perwakilan dari Komunitas ASNation, berharap melalui kegiatan SKJ 88 ini dapat menjadi inspirasi bagi seluruh ASN untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan menjauhi narkoba agar senantiasa produktif berkarya untuk bangsa. “Semoga ini jadi awal yang baik untuk kolaborasi antar komunitas ASN selanjutnya.

Komunitas Aparatur Muda, yang dalam kegiatan SKJ 88 ini diwakili oleh Gunawan Wicaksono menyampaikan rasa salutnya karena meskipun teman-teman ini berasal dari latar belakang yang berbeda, instansi yang berbeda, bahkan dari kota yang berbeda tapi apabila dikerjakan bersama-sama dan berkolaborasi antar komunitas akhirnya hal ini bisa terwujud. Hal ini menunjukkan keberagaman dan perbedaan bukanlah menjadi penghalang, namun bisa menjadi sumber daya yang berharga untuk mencapai tujuan. “Mari kita berkolaborasi untuk Indonesia Maju!

Sementara itu, Ellok Suciatyasmara Wibowo yang menjadi satu-satunya perwakilan dari Komunitas Abdimuda mengatakan bahwa Kolaborasi SKJ 88 ini keren sekali dan teman-teman dari berbagai komunitas ASN sangat antusias dalam mengikutinya. “Semoga selanjutnya makin banyak event kolaborasi yg positif dan variatif dalam berbagai bidang yang diinisiasi antar komunitas ASN sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

Terakhir, drg. Febriana Kusuma Dian Mayasari, Petugas Standarisasi dan Sertifikasi BNN yang juga anggota Komunitas Negarawan, berterima kasih kepada rekan-rekan yang ikut memeriahkan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2021 ini melalui SKJ 88 bersama. “Kolaborasi dan sinergi lintas instansi serta antar komunitas ASN ini akan menguatkan langkah bersama memerangi Narkoba, War on Drugs, Menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR).

“Ada banyak cara untuk mengisi kegiatan di kala pandemi, bukan narkoba tentu saja, tapi dengan senam dan berolahraga ringan. SKJ 88 adalah senam yang mengingatkan kita, para milenial, pada masa kecil. Gerakannya pun tidak terlalu sulit. Senam virtual antar komunitas ASN ini memberikan kekuatan tersendiri bagi saya pribadi, khususnya di masa yang berat ini kita bisa saling menguatkan. Jauhi narkoba, ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan di kala pandemi, salahsatunya ya senam virtual SKJ 88.”

(Anggie Apiansyah Setiadi, Video Editor Project SKJ 88 Bersama Komunitas ASN)

Daftar Tim SKJ 88 Bersama Komunitas ASN dalam rangka memeriahkan HANI 2021:

  1. Febri I Komunitas Negarawan l BNN @drg_febriana
  2. Lisa I Komunitas Negarawan l BNN Prov. DIY @lisasunaryo
  3. Wiryawan I Komunitas Negarawan l BNN Kota Denpasar @vajraalexey
  4. Sylvia I Komunitas Negarawan l BNN Kota Denpasar @sylviayn
  5. Anggie I Komunitas Negarawan l Dinas Pendidikan Kota Bandung @and613
  6. Maris l Komunitas Negarawan l Kemendikbud @marissinaga
  7. Rani l Komunitas Negarawan I Kemdikbud @rani_bening109
  8. Dhina l Komunitas Negarawan I Disdikbud Kab. Karanganyar @dhina_mulatsih
  9. Farish l ASNation I Polimer BPPT Serpong @salman.farishi86
  10. Yossi l ASNation I Kemenpora @yossiahmad
  11. Dhani I ASNation I Kantor Kesehatan Pelabuhan Palangka Raya @abangdhani
  12. Sidik l ASNation I Kemenag Kab. Bengkulu Utara @mumaralfatih1453
  13. Ayunda I ASNation I BSN @rindangayoe
  14. Hasan I Abdi Negara Muda I BSSN @nurul.hasani
  15. Rofiq l Abdi Negara Muda I BPKP Prov. Jawa Tengah @rofiq_th
  16. Anida l Abdi Negara Muda I DPW GMDM Kota Tangerang @anidamae
  17. Gunawan l Aparatur Muda I Kemenkeu @gunwnw 
  18. Ellok I Abdimuda l KPP Pratama Kudus @ellsyaraw_

KawANMuda dapat menyaksikan keseruan SKJ 88 Bersama Komunitas ASN melalui Kanal YouTube Abdi Negara Muda berikut dan boleh banget kalau mau ikutan juga #SKJ88Challenge. Jangan lupa untuk berbagi juga keseruan kalian ya. (NH/Tim ANM)

Total Page Visits: 903 - Today Page Visits: 1