Harapan Rakyat Jelatah untuk ASN Indonesia

Oleh : Sita Imamatul Rosidah

Siswa Kelas X di SMK YPM 8 Sidoarjo

Rakyat jelata  merupakan istilah bagi sekelompok orang yang bukan bangsawan dan bukan dari masyarakat menengah ke atas. Sedangkan  ASN adalah  Aparatur Sipil Negara kelompok profesi bagi pegawai-pegawai yang bekerja pada instansi pemerintah. Pegawai ASN terdiri dari pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Perananan ASN terjun ke masyarakat  begitu besar bagi  kesejahteraan masyarakat, bantuan mereka mampu melepaskan masyarakat dari keterpurukan ekonomi. Di era sekarang, tantangan masyarakat sangat berbeda dengan kemajuan zaman dan perkembangan  globalisasi. Di samping itu, menekuni pekerjan dan  kehidupan masing-masing, seperti kuli bangunan dan lain-lain.  Bantuan mereka itu sangat berharga bagi kami.

Semakin lama-kelamaan, kami sebagai rakyat jelata semakin terpuruk karena semakin kurangnya bantuan. Selain itu, ketepatan kinerja ASN juga perlu diketahui oleh para ASN. Ketepatan kinerja ASN Indonesia sangatlah penting bagi kalangan pemerintah,  masyarakat, hingga warga. Karena  kinerja ASN bisa mengubah negara  menjadi lebih baik,lebih maju,dan lebih sejahtera.

Untuk para ASN yang  terhormat. Sebelum  menjadi ASN, seharusnya mengetahui kondisi dan keadaan masyarakat, terutama masyarakat menengah  ke bawah. Kemudian, membantu dan menolong masyarakat tersebut supaya sama-sama merasakan kesejahteraan.

Selain itu, pentingnya kinerja ASN juga berdampak pada kami (masyarakat). Sebagai masyarakat, kami juga turut ambil resiko dalam kinerja ASN tersebut.  Untuk itu para ASN harus mengoptimalkan dan berhati-hati dalam kinerja bekerja.  Jangan sampai ada korupsi serta suap menyuap dalam berkinerja.

  • Cara agar  para ASN berkinerja lebih baik yaitu :

1.  Berdoa sebelum memulai pekerjaan

2. Bekerja dengan ikhlas

3.  Membuat list kerja

4.  Mengatur  waktu  setepat mungkin

5.  Tidak membuang buang waktu

6.  Melaporkan ke pihak berwenang jika ada dugaan suap dan  korupsi

  • Cara agar Para ASN untuk bisa menolong para rakyat jelata yaitu:

1. Turun langsung ke masyarakaat untuk melihat kondisinya

2. Membantu semaksimal mungkin

3. Ikut dalam organisasi masyarakat

4. Menerima aspirasi dan pendapat masyarakat

5. Menyalurkan bantuan sosial

Walaupun penulis menginginkan kerapihan dan kesempurnaan ketika menyusun makalah ini namun pada kenyatannya masih banyak sekali kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki ulang oleh penulis. Persoalan ini dikarenakan masih sangat sedikitnya pengetahuan penulis.

Maka dari itu penulis sangat berharap sekali bahwa para pembaca selalu memberikan sebuah kritikan dan saran kepada penulis agar penulis bisa menjadikan saran dan kritikan yang diberikan oleh para pembaca ini dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk selanjutnya.

Total Page Visits: 176 - Today Page Visits: 1