Flexible Working Space (FWS) Bagi ASN, Mungkinkah?

Tangkapan layar acara Sharing Session ASN Muda yang digelar secara virtual

Abdi Negara Muda, ANM News Flexible Working Space (FWS) menjadi tema dalam sebuah sharing session yang diselenggarakan oleh Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (Biro KLI) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI pada Senin (07/06). Acara ini berlangsung melalui media zoom meeting dan diikuti oleh 12 komunitas ASN muda, 7 orang pemenang Anugerah ASN Kemenpan-RB, serta 3 orang ASN muda dari Kementerian Keuangan. Zoom meeting dibuka pada pukul 09.00 WIB dengan pembawa acara Sita dan Irfan. Adapun perwakilan dari komunitas Abdi Negara Muda (ANM) yang hadir yaitu Nurul Hasani dan Arya Dwari Rahmani.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Ibu Rahayu Puspasari, selaku Kepala Biro Komunikasi dan dan Layanan Informasi (Biro KLI) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan RI. Ada tiga poin penting yang disampaikan oleh Kepala Biro KLI Setjen Kemenkeu RI dalam sambutannya, sebagai berikut: 1) ASN muda dituntut untuk tampil kompak sebagai abdi negara di hadapan masyarakat sehingga mampu memecahkan masalah publik dan menangkal isu hoaks terkait pemerintahan; 2) ASN muda harus berkumpul dan bersuara untuk mengadakan tukar pikiran dan saling menginspirasi; 3) ASN muda dapat mengambil inisiatif untuk membentuk komunitas baik bersifat informal maupun semi-formal, sehingga ruang ASN tidak dibatasi hanya dari instansi tertentu. “ASN muda mempunyai ide-ide baru atau strategi komunikasi yang lebih fresh sebagai jembatan mengedukasi masyarakat,” ujar Kepala Biro KLI Setjen Kemenkeu RI.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber. Pada sharing session ini, dihadirkan narasumber Ibu Dini Kusumawati, selaku Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Biro Organta) Setjen Kemenkeu RI, dan Bapak Danny Ardianto, selaku Public Policy & Government Relations Manager di Google Indonesia. Ibu Dini Kusumawati menjadi narasumber pertama yang memaparkan materinya, yaitu mengenai penerapan Flexible Working Space (FWS) di Kemenkeu RI, yang implementasinya “dipaksa” dimulai sejak pandemi virus corona (Covid-19) triwulan pertama tahun 2020. Flexible Working Space (FWS) berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 223/KMK.01/2020 adalah pengaturan pola kerja pegawai yang memberikan fleksibilitas lokasi bekerja selama periode tertentu dengan memaksimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan dan menjaga produktivitas pegawai serta menjamin keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan. “Pegawai Kemenkeu RI diperbolehkan melaksanakan FWS apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut, yaitu memiliki Nilai Prestasi Kerja Pegawai (NPKP) paling rendah bernilai “baik”, tidak sedang dalam proses pemeriksaan atau menjalani hukuman disiplin, dan dapat bekerja mandiri, bertanggung jawab, berkomunikasi efektif, serta responsif,” tutur Ibu Dini Kusumawati. Mengenai FWS ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Ibu Sri Mulyani menegaskan, FWS di Kementerian Keuangan bukan merupakan hak melainkan privilege yang diberikan agar pegawai dapat bekerja lebih produktif dari mana saja.

Penerapan FWS tidak boleh lepas dari modern working culture. Saat ini pekerjaan di sektor birokrasi pemerintahan (publik) yang melakukan Modern Working Culture masih sangat jarang ditemukan di Indonesia. Modern Working Culture yang banyak ditemukan biasanya dilaksanakan oleh sektor privat (swasta), contohnya di perusahaan Google. Oleh karena itu, Bapak Danny Ardianto pada acara ini membagikan ilmu mengenai penerapan Modern Working Culture di Google Indonesia. Beliau bercerita bahwa Google menciptakan lingkungan kerja yang unik, menarik, memotivasi, dan mempertahankan karyawan-karyawan terbaiknya. Menjaga karyawan agar tetap bahagia juga merupakan nilai yang dianut oleh Google. Inilah yang menjadi alasan Google disebut sebagai Perusahaan Terbaik untuk Bekerja oleh Majalah Fortune.

Selanjutnya, pembawa acara membuka kesempatan kepada peserta untuk bertanya dan berdiskusi seputar pengalaman FWS di tempat kerja atau di komunitasnya masing-masing. Acara ditutup sekitar pukul 11.30 WIB dengan sesi bermain Kahoot! (LU/Tim ANM)

Pustaka:

Keputusan Menteri Keuangan Nomor 223/KMK.01/2020 tentang Implementasi Flexibilitas Tempat Bekerja (Flexible Working Space) di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Total Page Visits: 1080 - Today Page Visits: 1