ASN Muda, Membangun Kolaborasi yang Baik untuk Berkarya

Oleh: Rudi Handoyo, A.Md.I.K

Staf Humas Setda Prov. Jateng

Dalam mencapai sebuah kesuksesan sebuah tim, memiliki ide atau gagasan yang baik, belum tentu bisa menjamin kesuksesan tersebut. Ada beberapa faktor lain yang perlu diaplikasikan agar ide tersebut bisa berkembang dan menjadi hasil sebagai bentuk dari kesuksesan yang telah dicapai oleh tim tersebut. Salah satu faktor yang perlu diperhatikan ialah pentingnya adanya kolaborasi. Kolaborasi bisa menjadi salah satu kunci utama untuk menjembatani antara ide yang dimiliki dengan proses realisasinya.

Di masa pandemi Covid-19 saat ini, kolaborasi menjadi salah satu poin utama dalam menanggulangi wabah ini. Pemerintah tentu tidak bisa berjalan sendiri untuk mengatasi wabah ini, perlu peran dari semua pihak, baik itu dari akademisi, media, hingga pelaku industri. Perlu adanya kebersamaan yang kuat agar kolaborasi yang terjalin bisa semakin baik dan berimbas pada proses penerapan kebijakan yang baik di lapangan.

Pemerintah sendiri memiliki Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai instrumen penggerak kolaborasi. Kita tahu bahwa Pemerintah memiliki institusi atau lembaga yang berada di berbagai lintas sektoral yang memiliki kewenangan baik itu sama maupun tidak dalam menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan. Dalam setiap sektoral tersebut tentu terdiri berbagai macam latar belakang ASN yang menjadi pelaksana. Pada proses pelaksanaan inilah diperlukan adanya kemampuan kolaboratif yang harus dimiliki oleh ASN baik itu dalam menjalankan peranan individual maupun institusional.

Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, semua aktivitas lapangan maupun tatap muka menjadi terganggu. Untuk menyiasati hal tersebut, tentu diperlukan kerjasama untuk menjalankan aktivitas seperti biasanya. Kerjasama inilah menjadi hakekat dari fungsi kolaborasi. Abdulsyani (2004) menjelaskan bahwa kolaborasi adalah suatu bentuk proses sosial, dimana didalamnya terdapat aktivitas tertentu yang ditujukan untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami aktivitas masing-masing. Berdasarkan pendekatan tersebut, maka kolaborasi bisa menjadi jalan untuk melahirkan terobosan maupun solusi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Di sisi lain, peran kolaborasi juga akan memberikan optimalisasi dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Sebagai contoh pelayanan informasi publik kepada masyarakat khususnya permohonan informasi. Didalam mememenuhi permohonan tersebut, seorang ASN yang bertugas sebagai pelayan informasi tentu harus memainkan fungsi kolaborasi dengan divisi atau bagian lain agar informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa dilayani dengan prima.  Seperti yang kita ketahui bersama, ASN sebagai abdi negara harus mampu menghadirkan fungsi pelayanan yang optimal kepada masyarakat, Dengan implementasi pelayanan yang optimal tentu akan memberikan dampak yang positif bagi pemerintah secara umum maupun secara khusus bagi institusi. Sehingga, program-program yang digulirkan oleh pemerintah nantinya bisa diapresiasi oleh masyarakat dengan baik.

Bagi ASN baru yang bergabung di dunia pemerintahan, penting sekali memahami nilai dan fungsi dari peran kolaborasi. Optimalisasi pemahaman terhadap nilai kolaborasi bisa diberikan saat ASN baru menjalani program pendidikan dasar prajabatan. Pada proses tersebut, peran kolaborasi perlu diberikan porsi yang optimal. Hal ini perlu agar ASN baru yang telah selesai melaksanakan pendidikan bisa mengimplementasi nilai tersebut di lingkungan kerjanya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk mengatasi isu-isu global saat ini, kita tidak bisa berjalan sendiri untuk mengatasi berbagai tantangan terhadap isu-isu tersebut. Perlu peran dari berbagai pihak yang secara bersama dan bergerak untuk mencari solusi dalam mengatasi isu-isu tersebut.

Di sisi lain, jika dilihat dari sudut pandang berkarya, kolaborasi bisa menjadi satu metode yang bisa dipilih untuk menghasilkan suatu karya. Di era saat ini, kita ketahui bersama bahwa peran dari ASN tidak hanya bertugas abdi negara yang melayani masyarakat saja, tetapi harus mampu pula menghasilkan karya yang bisa memberikan sumbangsih nyata baik itu kepada negara maupun masyarakat secara langsung. Peran tersebut sudah disadari betul oleh para ASN khususnya ASN muda. Contoh nyata dari adanya peran tersebut, bisa kita lihat dengan adanya berbagai kegiatan maupun lahirnya berbagai komunitas yang digagas oleh para ASN muda yang bisa menjadi tempat untuk berkarya bersama. Hal tersebut membuktikan bahwa peran kolaborasi sangat penting untuk diimplementasi dalam mewujudkan gagasan yang dimiliki agar menjadi sebuah karya yang bermanfaat sekaligus memberikan sumbangsih dalam proses maupun program yang mendukung untuk kebaikan bersama.

ASN muda atau ASN masa kini harus sudah menyadari betul bahwa peran dan manfaat dari pentingnya kolaborasi akan mampu menghadirkan peluang dan nilai terhadap gagasan maupun karya baru. Peluang maupun nilai yang lahir dari sebuah kolaborasi bisa menjadi pemantik hebat untuk menghasilkan sebuah gebrakan yang bisa berdampak baik secara langsung bagi masyarakat. Kolaborasi juga bisa mendorong ASN muda untuk terus berinovasi dan berkarya secara berkelanjutan. Di samping itu, pengembangan kolaborasi juga perlu memperhatikan regulasi-regulasi yang ada. Hal ini penting agar karya yang lahir dari kolaborasi bisa diimplementasikan dan tidak menyalahi aturan maupun regulasi yang ada.

Pada masa saat ini, seorang ASN tidak hanya cukup menjadi abdi negara yang siap sedia memberikan pelayanan prima masyarakat. Namun, ASN masa kini khususnya ASN muda harus pula mampu memberikan karya lain yang bermanfaat baik itu untuk diri sendiri, masyarakat maupun negara. Untuk itu, kita harus menyakini kembali bahwa kita tidak bisa berjalan sendiri untuk mencapai tujuan, perlu kebersamaan agar tujuan mudah untuk dicapai. Kebersamaan ialah dasar dari kolaborasi dan kolaborasi bisa menghadirkan peluang dan nilai. Dari peluang dan nilai inilah, kita bisa berbuat lebih untuk berkreasi dan menghasilkan karya yang bermanfaat.

Total Page Visits: 944 - Today Page Visits: 4